Selasa, 22 Mei 2012

Cara membuat Foto Sephia Pada Photoshop


sebelumnya kita perlu tahu kalau foto sephia adalah foto yang memiliki kesan kuno dan tradisional

tetapi dalam dunia fotografi ataupun dunia seni, sephia bisa menciptakan kesan romantis,  kenangan, harmoni dsb. untuk itu kebanyakan pasangan terlebih yang baru menikah akan sangat menyukai efek foto ini.
untuk membuat efek foto sephia pada photoshop bisa dibilang cukup mudah. hanya membutuhkan dua langkah sederhana.anda yang masih pemula pun sudah tentu bisa melakukanya. sebenarnya ada banyak plugin photoshop yang bisa digunakan untuk membuat efek sephia seperti plugin virtual photographer yang bisa menciptakan efek sephia dengan sangat mudah.
tapi yang saya bahas kali ini adalah cara manualnya, ini dimaksudkan bagi anda yang belum mempunyai plugin untuk membuat efek foto.
berikut ini caranya :
  1. anda harus membuka dulu foto yang akan anda buat sephia pada photoshop, misalnya foto seperti ini
    open image
  2. yang kedua harus anda lakukan adalah dengan menekan menu pulldown Image -> Adjusment-> Hue and Saturation atau dengan shortcut ( CTRL + U )
    hue saturation menu
  3. setelah itu beri centang pada colorize ( ini digunakan untuk menstabilkan atau hanya membuat satu warna saja dalam kata lain monokrom ), karena jika ini tidak dicentang maka foto anda akan berubah semua warnanya
  4. setelah itu yang harus anda lakukan hanyalah mensetel warnanya menjadi
    hue = 47 ( digunakan untuk merubah warna )
    saturation = 24 ( digunakan untuk merubah tingkat kedalaman warna atau saturasi )
    lightness = 0 ( mengatur tingkat cahaya )
    hue saturation settings
  5. lalu klik ok
    photo sephia effects
  6. jika anda kurang menyukai tingkat cahayanya anda hanya perlu mengatur curve cahayanya dari menu pulldown image -> adjusment -> curves atau dengan shortcut ( CTRL +  M)
    curve editor
    setelah itu anda hanya tinggal atur kurvanya untuk mengatur tingkat cahaya yang anda suka
    dan berikut contoh hasilnya
    effect curves result
tutorial ini sangat simple, sebenarnya ada banyak cara membuat efek sephia tapi inilah cara yang terpraktis dan termudah menurut saya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar